Selamat Datang di Blog Saya Semoga Bermanfaat

Senin, 09 April 2012

SISTEM PENERANGAN PADA MOBIL

Sistem penerangan (lighting sistem) sangat diperlukan untuk keselamatan pengendara dimalam hari. Sistem ini dibagi menjadi dua sistem penerangan :

Penerangan luar
- Lampu besar                   - Lampu jarak / kota 
- Lampu belakang              - Lampu tanda belok
- Lampu rem                     - Lampu hazard
- Lampu plat nomor           - Lampu mundur
- Lampu Penerangan luar

Penerangan dalam
- Lampu meter
- Lampu ruangan

1. Lampu besar
      Sistem lampu besar merupakan lampu penerangan untuk menerangi jalan dibagian depan kendaraan. Pada umumnya lampu besar ini dilengkapi dengan lampu jauh dan lampu dekat (high beam dan low beam) dan dapat dihidupkan dari salah satu switch oleh dimmer switch.

Tipe lampu besar
Ada dua tipe lampu besar yang digunakan Pada kendaraan, yaitu :
      1) Lampu besar tipe sealed beam.
            Di dalam lampu besar tipe sealed beam, penggunaan bola lampunya tidak
         terpisah, keseluruhan terpasang menjadi satu seperti bola lampu dan filament
         terpasang di depan kaca pemantul untuk menerangi kaca lensa.

      2) Lampu besar tipe semisealed beam.
            Perbedaan antara semisealed beam dan sealed beam ialah pada konstruksinya,
         dimana pada semi sealed beam bola lampunya dapat diganti dengan mudah sehingga
         tidak di perlukan penggantian secara keseluruhan bila bola lampunya putus atau
         terbakar. Lagi pula bila menggantinya dapat langsung diganti dengan cepat. Bola
         lampu besar semi sealed beam di bagi menjadi dua Bola lampu biasa dan Bola lampu
         Quartz – halogen.

      Cara memasang pada seat mengganti bole lampu Quartz Halogen :
          Bola lampu quartz halogen lebih panas dibandingkan dengan bola lampu biasa saat
      digunakan, umur lampu ini akan lebih pendek bila oli atau gemuk menempel pada
      permukaannnya. Lagi pula garam dalam keringat manusia dapat menodai kacanya
      (quartz). Untuk mencegah ini peganglah bagian flange bila mengganti bola lampu
      untuk mencegah jari-jari menyentuh quartz.

2. Lampu jarak dan lampu belakang
    Lampu kecil untuk dalam kota ini memberi isyarat adanya serta lebarnya dari sebuah kendaraan pada malam hari bagi kendaraan lainnya, baik yang ada di depan maupun di belakang. Lampu-lampu tersebut untuk yang bagian depan disebut dengan lampu jarak (clearence light) dan yang dibagian belakang disebut dengan lampu belakang (tail light).

3. Lampu Rem
   Lampu rem (brake light) dilengkapi pada bagian belakang kendaraan sebagai isyarat untuk mencegah terjadinya benturan dengan kendaman d! bedakang yang mengikuti saat kendaraan mengerem.

4. Lampu tanda belok (turn sighal light)
   Lampu tanda belok yang dipasang di bagian ujung kendaraan seperti pada fender depan, untuk memberi isyarat pada kendaraan yang ada di depan, belakang dan sisi kendaraan bahwa pengendara bermaksud untuk membelok atau pindah jalur. Lampu tanda belok mengedip secara tetap antara 60 sampai 120 kaii setiap menitnya. Lampu bisa berkedip karena dilengkapi dengan flasher, Flasher tanda belok adalah suatu alat yang menyebabkan lampu belok mengedip secara interval. Turn signal flasher bekela pada prinsip yang bervariasi. Pada umumnya menggunakan tipe semi - transistor yang kompak, ringan dan dapat diandalkan. Dalam flasher tanda belok tipe semi-transistor, bila bola lampunya putus, maka mengedipnya mulai cepat dari yang normal, dan ini merupakan tanda kepada pengemudi untuk menggantinya.

5. Lampu hazard (hazard warning light)
   Lampu hazard digunakan untuk memberi isyarat keberadaan kendaman dari bagian depan, belakang dan kedua sisi selama berhenti atau parkir dalam keadaan darurat. Yang digunakan adalah lampu tanda belok, tapi seluruh lampu mengedip serempak.

6. Lampu plat nomor
   Lampu ini menerangi plat nomor bagian belakang. Lampu plat nomor menyala bila lampu belakang menyala.

7. Lampu mundur
   Lampu mundur (back up light) dipasang pada bagian belakang kendaraan untuk memberikan penerangan tambahan untuk melihat kebelakang kendaraan saat mundur di malam hari, dan memberikan isyarat untuk kendaraan yang mengikutinya bahwa pengendara bermaksud untuk mundur / sedang mundur. Lampu mundur akan menyala bila Luas transmisi diposisikan mundur dengan kunci kontak ON.

8. Lampu kabut
   Lampu kabut digunakan pada saat cuaca berkabut, jalanan berdebu atau hujan lebat. Penggunaan lampu harus mengikuti aturan yang berlaku yakni :
   Pemasangan kedua lampu harus berjarak sama baik yang kanan dari titik tengah kendaran. Lampu kabut dihubungkan bersama-sama lampu jarak dekat (pada saklar dim). Lampu kabut.tidak dihidupkan bersama-sama dengan lampu jarak dan hanya dihidupkan bersama lampu kota. Lampu kabut boleh menggunakan lensa wama putih atau warna kuning.

   Bila lampu kabut akan diaktifkan maka saklar lampu kepala harus pada posisi lampu jarak dekat. Saat saklar lampu basket diaktifkan, arus listrik dari saklar lampu kepala akan mengalir ke relay melalui saklar lampu kabut. Dengan aktifnya relay maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke lampu kabut melalui sekering dan relay.

Lampu Penerangan Dalam

1. Lampu ruangan
   Lampu ruangan (dome light) menerangi interior ruangan penumpang yang dirancang agar tidak menyilaukan pengemudi pada malam hari. Umumnya lampu ruangan (interior) letaknya dibagian tengah ruang penumpang kendaraan untuk menerangi interior dengan merata. Lampu ini disatukan dengan switchnya yang mempunyai 3 (tiga) posisi yaitu : ON, DOOR dan OFF. (untuk memberi kemudahan keluar masuk pada malam hari, lampu ruangan dapat disetel hanya menyala bila salah satu pintunya dibuka. Ini dapat dilakukan dengan menyetel switch pada posisi DOOR.

2. Lampu Instrumen Panel (lampu meter).
   Lampu instrumen panel digunakan untuk menerangi meter-meter pada instrumen panel pada malam hari dan memungkinkan pengemudi membaca meter-meter dan gauge dengan mudah dan cepat pada saat mengemudi. Lampu instrumen panel akan menyala bila lampu belakang (tail light) menyala. Ada beberapa model yang dilengkapi dengan lampu pengontrol rheostat yang memungkinkan pengendara mengontrol terangnya lampu-lampu pada instrumen panel. Macam-macam bola lampu dan titik pengunci dalam mengganti bola lampu. Tipe bola lampu bervariasi yang digunakan pada sebuah kendaraan, dapat dikiasifikasikan dalam beberapa cara. Pada artikel ini dijelaskan beberapa titik pengund pada saat mengganti bola lampu, yang dapat dikiasifikasikan berdasarkan bentuk base capnya yaitu :

   1) Bola lampu model single - end
         Tipe bola lampu ini hanya mempunyai satu base cap yang juga sebagai penghubung
      ke massa. Blola lampu singie - end selanjutnya diklasifikasikan ke dalam dua jenis
      sesuai dengan jumlah dari filament. Single filament pada bola lampu model single -
      end dan double filament pada bola lampu single end. Bola lampu dipasang pada
      socket dengan menernpatkan pin pada base cap.

      Mengganti bola lampu :
         tekan bola lampu kedepan socket untuk melepas pin base cap tidak mengunci
      pada tarikan socket, putar bola lampu tersebut dan tarik keiuar untuk melepasnya.

      Memasang bola lampu:
         Dalam memasang bola lampu yang baru urutannya adalah kebalikan dari cara
      melepasnya. Pin pada bola lampu double filament single - end letaknya tidak segaris
      (offset) dalam pengaturan tingginya. Hal ini Untuk mencegah kesalahan posisi
      pemasangan lampu.

   2) Bola lampu widge - base (socket gepeng).
         Tipe bole lampu ini mempunyai satu filament dan filamennya berhubungan langsung
      dengan socket terminal.

      Mengganti bola lampu:
         tarik bola lampu keluar dengan menggunakan jari tangan

      Memasang bola lampu:
         Dorong / tekan bola lampu pada lubang socket.

   3) Bola lampu dengan ujung ganda
         Tipe bola lampu ini mempunyai satu filament dan dua base-cap.

      Memperbaiki / mengganti bola lampu :
         Tekan salah satu den terminal socket dam untuk membuka tarik keluar bola lampu
      tersebut.

      Memasang bola lampu:
         Tempatkan salah satu ujungnya ke dalarn lubang kemudian dorong / tekan yang
      lainnya sehingga kedua ujung masuk pada lubangnya masing-masing

1 komentar:

  1. MGM Grand Casino and Resort - Mapyro
    Get 보령 출장안마 directions, reviews and information for MGM Grand Casino and Resort in Las Vegas, NV. Mgm Grand is the 인천광역 출장샵 most recent addition 경상북도 출장안마 to our database, it's 김제 출장샵 located 태백 출장샵 in

    BalasHapus